Oct 20, 2011

Hoarse Tour 2011

Hoarse Tour 2011

 

“Bila tidak ada yang ingin mengundangmu ke acara mereka, maka buatlah acaramu sendiri.”

Niat maksimal, jadwal panggung minimal dan penampilan medioker adalah tiga hal yang cukup dapat mendeskripsikan ketiga band berikut. Barefood, Nervous dan Sorra merupakan tiga grup rock lokal yang berinisiatif menggelar sebuah acara musik swadaya November ini.

Meskipun realita di lapangan belum tentu sedemikian menyedihkan (atau justru lebih menyedihkan), ketiga band ini tetap memutuskan untuk saling mengunjungi kota masing-masing dalam serangkaian tur. Tidak, gelaran musik swadaya ini bukanlah sebuah pemberontakan atau penolakan pada arus utama. Tiga band ini terlalu sibuk dengan kehidupannya masing-masing untuk memikirkan ketidakadilan dunia. Anggap saja sebagai upaya untuk merasakan apa yang dialami oleh band-band “papan atas”, atau – meminjam bahasa media – untuk “berbagi musik, menyebarkan pesan dan menjalin relasi dengan teman-teman.”

HOARSE TOUR 2011, begitu kami menyebut rangkaian tur tiga kota ini. Sorra (Bandung) akan menjadi tuan rumah pertama pada tanggal 4 November 2011, disusul oleh Barefood (Jakarta) pada tanggal 5 November 2011, dan ditutup dengan jamuan dari Nervous (Yogyakarta) pada tanggal 12 November 2011.

On Twitter: #hoarsetour2011
On Facebook: HOARSE TOUR 2011


JADWAL ACARA

1. Bandung | Jumat, 4 November 2011
Braga Cafe, Jl. Braga no 15, Bandung
bersama Neowax, Veskil

2. Jakarta | Sabtu, 5 November 2011
Bara Futsal, Jl. Falatehan No.68 Blok M, Jakarta Selatan
bersama Damascus, StrawberryWine

3. Yogyakarta | Sabtu, 12 November 2011
Wadjah Coffee, Jl. Wahid Hasyim, Condongcatur
bersama Talking Coasty, Anggisluka


PARA TERSANGKA

Sorra
regressive pop, rock, grunge
http://sorra.muxtape.com/
http://www.facebook.com/s0rra
Band Bandung ini sudah berdiri sejak awal 2000-an dengan nama Ohwoohoowow sebelum akhirnya menggunakan nama Sorra. Memainkan musik indie-rock Amerika dengan pengaruh lo-fi/noise-rock awal 90-an dengan inspirasi seperti Dinosaur Jr, Pavement, Sonic Youth, Kubik serta Koil era awal, lagu-lagu Sorra digambarkan oleh web zine Wasted Rockers sebagai “berisik, raw, tapi tetap catchy”.

Barefood
alternative, rock
http://myspace.com/barefoodmusic
http://www.facebook.com/profile.php?id=284569276601
Band dari Jakarta Timur yang ketiga personelnya masih terbilang muda ini membawakan musik alternatif ala 90-an seperti Ash dan Manic Street Preachers dengan tambahan pengaruh shoegaze revival dan indie rock era 2000an seperti Amusement Parks on Fire dan All American Rejects. Web zine Wasted Rockers menobatkan mereka sebagai salah satu band alternative rock baru yang “betul-betul bagus”.

Nervous
indie, rock, alternative
http://myspace.com/wearenervous
http://www.facebook.com/wearenervous
Kuartet asal Yogyakarta yang menggabungkan influence favorit mereka yang sangat beragam, dari Sonic Youth, My Bloody Valentine, Beat Happening, Placebo sampai The National, dengan dibalut distorsi gitar, duet male-female vocals serta lirik penuh permainan kata. Seperti ditulis oleh Idhar Resmadi di Ripple Magazine, “…kini mereka telah berani keluar dan justru membuat mereka kini lebih bagus secara kualitas dan identitas.”


DIDUKUNG OLEH

Wasted Rockers
Evenue Magazine
Ear Magazine
XYZ
Jogja Music News
DeadMediaFM

1 Comment

  • kuda nda seda lagu ta mas Edwin

Leave a comment

Streaming Radio

listen using winamp/itunes [MP3] or [AAC] (high quality), and Join Interactive Chat

Recent Podcasts

view all podcast